Pages

  • RSS

Wednesday, May 5, 2010

Dubes RI Cairo Bertemu Peserta Solidaritas Gaza dari Indonesia

www.indonesiacairo.org
Senin, 28 Desember 2009




Di tengah kegiatannya di Mesir dalam rangka memberikan solidaritas moril bagi dibukanya blokade ekonomi terhadap Jalur Gaza serta untuk memperingati setahun agresi Israel ke jalur Gaza, Palestina, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Dra. Hj. Yoyoh Yusroh dengan di dampingi dua orang anggota DPRD DKI Jakarta dan Banten pada tanggal 28 Desember 2009 telah melakukan pertemuan dengan Dubes R.I. di Cairo, A.M. Fachir.

Dalam pertemuan tersebut, Dubes Fachir menyampaikan perkembangan hubungan bilateral Indonesia-Mesir yang memiliki sejarah ikatan emosional; dan perkembangan yang saling menguntungkan dan penuh pengertian. Ketika penyerangan Israel ke jalur Gaza misalnya, Pemerintah Mesir memberi dukungan bagi tersalurnya bantuan kemanusian Pemerintah dan Rakyat Indonesia untuk Palestina.

Dibicarakan pula pembinaan prestasi akademis mahasiswa Indonesia di Mesir yang berjumlah 5.000 orang. Dari jumlah tersebut, tingkat keberhasilan studi pada tahun 2007 hanya 40% yang kemudian meningkat tajam menjadi 70% pada tahun 2009. Untuk lebih meningkatkan prestasi mahasiswa, Duta Besar Fachir mengemukakan rencana pembangunan Asrama Mahasiswa Indonesia di atas tanah yang telah disediakan oleh al- Azhar. Selain sebagai tempat tinggal, asrama itu diharapkan menjadi sarana meningkatkan rasa kebangsaan, memperluas wawasan, dan meningkatkan kemampuan bahasa dan akademis karena berinteraksi dengan mahasiswa Mesir dan dari negara lainnya.

Anggota DPR RI dari Fraksi PKS tersebut menyampaikan apresiasi atas pengembangan hubungan yang konstruktif antara Indonesia-Mesir dan upaya yang telah dilakukan KBRI Cairo menyalurkan bantuan kemanusiaan Pemerintah dan Rakyat Indonesia hingga sampai kepada yang berhak di Palestina, serta mendukung gagasan Duta Besar RI membangun Asrama Mahasiswa Indonesia, guna terus meningkatkan presetasi mereka.

0 comments:

Post a Comment