Pages

  • RSS

Wednesday, May 5, 2010

DPR-RI Meninjau Kerusakan Gempa di Tasikmalaya

www.republika.co.id
Rabu, 09 Desember 2009




TASIKMALAYA-DPR-RI Komisi VIII bidang agama, sosial, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, penanggulangan bencana dan amal zakat melakukan peninjauan kerusakan gempa di Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu.

Wakil ketua komisi VIII Hj Yoyoh Yusroh mengatakan peninjauan tersebut merupakan kunjungan kerja DPR-RI untuk melihat langsung program rehabilitasi penanggulangan bencana.

"Kunjungan ini untuk meninjau langsung penyelenggaraan rehabilitasi penanggulangan bencana di Jawa Barat," katanya. Selain itu kata dia kunjungan kerja tersebut untuk mendapatkan data faktual kerusakan sarana dan prasarana akibat kerusakan gempa Tasikmalaya pada 2 September 2009.

Peninjauan sekaligus memberi bantuan pembangunan sekolah dan masjid yang mengalami kerusakan akibat guncangan gempa. Bahkan kunjungan tersebut untuk meninjau berbagai permasalahan sosial, agama serta penanganan pemberdayaan perempuan dan program pendidikan wajib belajar sembilan tahun di tingkat pemerintah daerah Tasikmalaya.

"Selain meninjau lokasi gempa juga perkembangan program wajib belajar serta perkembangan keagamaan di kabupaten dan kota Tasikmalaya," katanya. Kunjungan kerja tersebut meninjau beberapa lokasi gempa di Purbaratu, Cibreureum kota Tasikmalaya, masjid bersejarah Manonjaya, serta kecamatan Cigalontang, kabupaten Tasikmalaya.

Kalangan DPR RI sekaligus memberi bantuan rumah 20 unit di Cigalontang, dan perbaikan masjid di kota dan Kabupaten Tasikmalaya bantuan dari Depag. Bantuan perbaikan jalan pesantren Cimanggu Kecamatan Puspahiang, bantuan pendidikan bagi madrasah dan pembangunan pondok pesantren Condong kota Tasikmalaya yang dipastikan mendapat perhatian tahun 2010.

"Dipastikan pesantren Condong di kota Tasikmalaya yang mengalami kerusakan akibat gempa akan mendapatkan perhatian 2010," katanya. Sementara itu peninjauan tersebut merupakan tim gabungan dari komisi VIII bersama dengan Komisi perlindungan anak, Depag, Depsos, dan BNPB serta dihadiri wakil wali kota Tasikmalaya dan Bupati Tasikmalaya serta unsur pejabat dinas di Tasikmalaya.ant/pur

0 comments:

Post a Comment